Kenali 5 (Lima) Kemudahan Pembuatan Legalitas PT Melalui OSS

Melalui OSS, pelaku usaha dimanjakan dengan system yang setidaknya memberikan 5 (Lima) kemudahan dalam mendirikan PT, yaitu: (1). Berbasis Online, (2). Multifungsi, (3). Simultan, (4). Transparan, (5). Ramah Lingkungan.”

Tahukah Anda bahwa mendirikan Perusahaan saat ini lebih mudah melalui OSS? Lantas apa itu Online Single Submission?

OSS merupakan sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik dengan seluruh kementerian/lembaga negara hingga pemerintah daerah di Indonesia, dalam rangka penyederhanaan alur perizinan berusaha untuk para pelaku usaha.

Jenis pelaku usaha yang dapat mengajukan legalitas melalui OSS diantaranya yakni pelaku usaha perseorangan dan non perseorangan. Dimana pelaku usaha non perseorangan yang  pada umumnya kita ketahui diantaranya perseroan terbatas, koperasi, CV, firma, persekutuan perdata, perusahaan umum, perusahaan umum daerah, badan layanan umum, lembaga penyiaran, badan usaha yang didirikan yayasan, dan badan hukum lainnya yang dimiliki oleh negara.

OSS dapat diakses melalui tautan oss.go.id, hanya dengan mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari salah satu pendiri usaha dan nomor pengesahan akta pendirian, akun Anda sudah dapat digunakan untuk keperluan pembuatan izin perusahaan. Kemudian, Anda bisa melanjutkan pengisian data berupa domisili perusahaan, bidang usaha yang akan dijalankan, besaran modal, email dan nomor kontak perusahaan. Tidak perlu menunggu lama, OSS akan menerbitkan Nomor Induk Berusaha yang dapat digunakan untuk tahap selanjutnya.

Hal menarik lainnya dari sistem online terpadu ini akan kami rangkum dalam 5 kemudahan mengajukan legalitas melalui OSS, simak ulasannya berikut.

  1. Berbasis Online

Revolusi dunia digital telah menjamah ranah birokrasi, seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah daerah telah banyak menerapkan sistem online bagi pengajuan perzinan. Pengembangan platform tersebut yang saat ini dapat kita rasakan adalah keberadaan OSS. Bukan hanya melalui layar komputer dan laptop, OSS juga dapat dijangkau melalui ponsel pintar dan tablet genggam Anda. Dengan sistem yang terintegrasi antar lembaga pemerintahan, tujuan akhir OSS untuk masyarakat adalah memberikan kemudahan pelayanan bagi para pelaku usaha.

  1. Multifungsi.

Tahukah Anda bahwa Nomor Induk berusaha merupakan legalitas numerik yang bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan akses kepabeanan? Hal ini benar adanya dan tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Se saat ini, NIB sifatnya wajib dimiliki oleh perusahaan baru maupun usaha yang sudah berdiri sebelum diberlakukannya OSS.

  1. Simultan

Selama ini mungkin beberapa pelaku usaha dihantui oleh betapa rumitnya alur perizinan yang bersifat parsial, serta lamanya penerbitan sebuah dokumen legalitas, padahal bisa saja Anda sedang dikejar waktu untuk menjangkau tender bisnis. OSS telah menjawab keluhan tersebut. Dengan sekali melakukan pendaftaran dan mengisi data-data yang diperlukan, hanya dalam minimal satu jam maka Business Identification Number atau NIB sudah bisa Anda dapatkan. Tidak sampai mengantri seharian penuh, atau melakukan pendaftaran satu persatu pada instansi yang berbeda. Dikarenakan NIB sudah mencakup keseluruhan.

  1. Transparan

OSS juga menghadirkan fitur layanan pemantauan jalur proses perizinan, sehingga pemohon dapat dengan mudah melihat dimana letak dokumennya terhenti, agar dapat diketahui sedini mungkin permasalahan dan solusinya, tanpa harus bertatap muka dengan petugas perizinan lokal.

  1. Ramah Lingkungan

Manfaat lain yang ditelurkan dari sistem ini adalah pengguna bisa ikut berpartisipassi untuk menyelamatkan lingkungan serta menghemat biaya operasional dari segi pemberkasan. Bagaimana tidak? dalam alur pekerjaan OSS, pelaku usaha hanya diminta untuk mengisi beberapa data primer dari pendiri dan perusahaan secara on line dan soft-file, tanpa perlu menyiapkan segudang persyaratan berupa dokumen cetak yang menghabiskan banyak biaya serta berdampak buruk bagi lingkungan.

Demikianlah rangkuman kemudahan dalam menggunakan sistem OSS. Apakah Anda sudah pernah mengaksesnya? Silakan tuliskan pengalaman Anda pada kolom komentar dibawah, dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini apabila dirasa bermanfaat.

Silakan hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Hotline          : (+62) 812 1111 8608 / (+62) 021 – 5080 6537
Email              : info@ylpconsulting.com

Share this article:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Our Office

Sopo Del Office
Tower A, Level 20 Unit B.
Jl. Mega Kuningan Barat III,
Mega Kuningan, South Jakarta, Indonesia 12950

About YLP

YLP Consulting is a Formalities and Corporate Secretarial Legal Firm who is committed to provide simple, pleasant and stress free experience for our Client.