Ubah bahasa / Change Language
Chinese (Simplified)EnglishIndonesian

Perbedaan Visa Bisnis (Indeks 211 dan 212) dan Visa Kerja (Indeks 312)

“Visa Bisnis diperuntukkan untuk negosiasi bisnis, menjadi peserta pameran, menghadiri seminar (sebagai peserta), dan kegiatan yang tidak mendapatkan upah (bayaran) dari kegiatannya. Sedangkan visa kerja diberikan kepada Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia.”

UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Imigrasi (UU Imigrasi), setiap Warga Negara Asing (WNA) yang memasuki wilayah Indonesia harus memiliki visa resmi. Karena itu, Pasal 34 UU Imigrasi membagi 4 (empat) jenis visa, yakni:

  1. Visa Diplomatik;
  2. Visa Dinas;
  3. Visa Kunjungan; dan
  4. Visa Tinggal Terbatas

Peraturan tersebut tidak menjelaskan mengenai Visa Bisnis atau Visa Kerja, karena Visa tersebut berada dibawah kategori empat Visa tersebut. Visa Bisnis merupakan Visa Kunjungan, sedangkan Visa Kerja merupakan Visa Tinggal Terbatas. Perbedaan kategori dari tiap Visa karena masing-masing Visa memiliki perannya tersendiri, sesuai dengan tujuan dan prosedur penerbitan. Karena itu, artikel ini akan menggambarkan perbedaan antara Visa Bisnis dan Visa Kerja.

Visa Bisnis (Indeks 211 dan 212)

Sebagaimana yang telah dituliskan diatas, Visa Bisnis berada dibawah kategori Visa Kunjungan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2016, Visa Kunjungan untuk tujuan bisnis terdiri dari tiga jenis yang berbeda, antara lain (i) Visa Kunjungan 1 (satu) kali perjalanan; (ii) Visa Kunjungan beberapa kali perjalanan; dan (iii) Visa Kunjungan saat kedatangan. Namun, Visa Saat Kedatangan hanya dapat diberikan untuk WNA dari negara tertentu. Dengan ketentuan tersebut, pembahasan lebih lanjut akan berfokus pada Visa Kunjungan Satu Kali dan Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan.

Sesuai dengan namanya, Visa Kunjungan Satu Kali (Indeks 211) adalah izin yang diberikan hanya untuk satu kali kunjungan dan habis masa berlakunya saat warga negara asing meninggalkan Indonesia. Izin ini berlaku untuk maksimum 60 (enam puluh) hari dan dapat diperpanjang hingga 4 (empat) kali selama 30 (tiga puluh) hari di Kantor Imigrasi di Indonesia.

Disamping itu, Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan (Index 212) adalah izin yang memperbolehkan warga negara asing untuk berkunjung dan meninggalkan wilayah Indonesia beberapa kali. Izin ini berlaku untuk maksimum 5 (lima) tahun dan memperbolehkan tiap kunjungan selama 60 (enam puluh) hari.

Meski diperbolehkan untuk tujuan bisnis, regulasi terkait Visa Bisnis memiliki batasan tertentu. Visa Bisnis (Visa Kunjungan Satu Kali dan Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan) tidak memperbolehkan pengunjung untuk bekerja sebagai karyawan pada perusahaan di Indonesia. Tujuan bisnis yang dimaksud pada peraturan hanya berupa, antara lain, perbincangan bisnis, rapat bisnis, studi komparatif, tujuan pelatihan, seminar, pameran, audit, dan kontrol kualitas atau inspeksi. Jika WNA bermaksud untuk menjadi karyawan di perusahaan Indonesia, mereka harus mendaftar untuk Visa Kerja.

Visa Kerja (Indeks 312)

Visa Kerja berada di dalam kategori Visa Tinggal Terbatas. Berdasarkan Pasal 102 Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2013 Tentang Penerapan UU Imigrasi, Visa Tinggal Terbatas dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu (i) Visa Tinggal Terbatas untuk Tujuan Kerja; dan (ii) Visa Tinggal Terbatas untuk Non-Tujuan Kerja (Visa Kerja). Visa Kerja dipergunakan untuk tujuan kerja seperti bekerja sebagai ahli, melakukan aktivitas profesional untuk memperoleh gaji, melakukan inspeksi atau audit pada kantor cabang di Indonesia, dan melakukan aktivitas olahraga profesional.

Sehubungan dengan regulasi atas Visa Tinggal Terbatas, Visa Kerja memperbolehkan Warga Negara Asing untuk tinggal di Indonesia lebih lama dari Visa Kunjungan. Visa Kerja berlaku 3 (tiga) bulan untuk dapat digunakan masuk ke Indonesia, setelah WNA masuk ke Indonesia dengan visa kerja, maka visa ini dapat diubah menjadi Izin Tinggal Terbatas yang berlaku 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang maksimal hingga 5 (lima) kali.

Disamping dari masa berlaku, Visa Kerja berbeda dari Visa Bisnis dalam hal tujuan Visa. Visa Kerja memperbolehkan pengunjung untuk menjadi karyawan perusahaan yang berdomisili di Indonesia; yang mana Visa Bisnis tidak memperbolehkan.

Sanksi

Dengan mempertimbangkan peraturan yang telah mengatur secara jelas terkait perbedaan dari Visa, setiap WNA berniat untuk menyalahgunakan atau melakukan aktivitas yang tidak sejalan dengan tujuan dari izin mereka dapat dikenakan sanksi dalam Pasal 122 UU Imigrasi. Sanksi tersebut berbentuk penjara untuk maksimum 5 (lima) tahun dan denda maksimum Rp 500 juta.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Posts