Ubah bahasa / Change Language
Chinese (Simplified)EnglishIndonesian

Prosedur Pengajuan KITAP Pasangan Indonesia

“Bagi Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki pasangan (suami/istri) Warga Negara Indonesia (WNI) dapat mengajukan Izin Tinggal Tetap (ITAP/KITAP) apabila pernikahannya telah dicatatkan di Indonesia minimal 2 (dua) tahun.”

Perbedaan KITAS dan KITAP Pasangan

Dokumen Izin Tinggal di Indonesia bagi Warga Negara Asing (“WNA”) tidak hanya terbatas dengan KITAS saja tetapi bisa menggunakan KITAP. Berbeda dengan KITAS yang masa berlakunya hanya satu tahun, jangka waktu berlakunya KITAP adalah selama 5 (lima) tahun berarti WNA tidak perlu kembali ke kantor imigrasi setiap tahunnya. Namun untuk mendapatkan KITAP ini baru bisa diajukan setelah melalui proses mendapatkan KITAP dan telah diperpanjang beberapa kali.  

Tahapan Pengurusan KITAS dan KITAP Pasangan

WNA yang menikah secara sah dengan seorang Warga Negara Indonesia (“WNI”) dapat mendapatkan izin tinggal dengan disponsori pasangannya. Namun, visa yang didapatkan dengan sponsor pasangan bukanlah visa untuk bekerja sehingga WNA hanya diberikan hak untuk tinggal tidak untuk bekerja. WNA yang menikah dengan orang Indonesia bisa mengubah KITAS yang dimilikinya menjadi KITAP setelah  pernikahannya telah dicatatkan di Indonesia minimal 2 (dua) tahun pernikahan dan pasangan Indonesianya yang akan menjadi sponsor.

Harap diingat bahwa WNA tidak dapat langsung mengajukan KITAP jika sebelumnya belum memiliki KITAS, walaupun WNA tersebut telah menikah dengan orang Indonesia namun itu bukan berarti WNA tersebut langsung memiliki hak untuk mendapatkan izin tinggal tetap.

Untuk WNA yang telah melangsungkan pernikahan selama 10 (sepuluh) tahun atau bahkan lebih maka KITAP yang dimiliki akan memiliki jangka waktu selamanya walaupun jika setelah dari 10 tahun atau lebih pernikahan tersebut mengalami perceraian. Jika perkawinannya berusia kurang dari 10 tahun dan telah berakhir karena perceraian dan/atau atas putusan pengadilan maka WNA tersebut bisa tetap memperoleh KITAP dengan syarat WNA tersebut memiliki sponsor atau penjamin lain yang harus diajukan pada Kantor Imigrasi yang wilayah kerjanya sesuai dengan domisili WNA dalam waktu paling lambat 60 (enam puluh) hari terhitung sejak tanggal diterbitkannya akta perceraian. Jika dalam kurun waktu yang telah ditentukan tersebut WNA tidak mengajukan Penjamin baru maka Izin Tinggal Tetapnya akan dibatalkan.

Dokumen Pengajuan KITAP Pasangan

KITAP yang disponsori oleh pasangan, perlu mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut;

  1. Paspor dengan masa berlaku setidaknya dua tahun;
  2. KITAS;
  3. Surat pernyataan dan jaminan dari pasangan Indonesia;
  4. Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT);
  5. Surat permohonan mengubah KITAS menjadi KITAP;
  6. Buku Nikah;
  7. KTP Pasangan Indonesia;
  8. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pasangan Indonesia;
  9. Kartu Keluarga;
  10. Rekening koran pasangan Indonesia dengan saldo minimum Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah);
  11. Detail alamat di Indonesia; dan
  12. Foto ukuran paspor.

Apa saja keuntungan yang didapatkan jika memiliki KITAP?

Selain jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan KITAS, KITAP memiliki beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh pemegangnya, seperti;

  1. Dapat mendapatkan identitas penduduk (KTP) dengan masa berlaku lima tahun;
  2. Dapat mendapatkan SIM dengan masa berlaku lima tahun;
  3. Dapat mengajukan kartu kredit;
  4. Dapat mengajukan pinjaman, terbatas untuk konsumtif;
  5. Memenuhi syarat untuk bekerja untuk pasangan Indonesia atau memulai bisnis di Indonesia dengan syarat mengajukan izin kerja tambahan;
  6. Memenuhi syarat untuk menjadi penduduk Indonesia; dan
  7. Dapat diajukan sebagai salah satu dokumen untuk pewarganegaraan Indonesia.

Author: Sutria Puti Dwirahayu

Having a question regarding KITAP?

Let’s contact us on the following alternatives:

Hotline: (+62) 812 1111 8608 / (+62) 21 – 2271 8638

Email    : info@ylpconsulting.com

Our experienced Consultant will happy to help you.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Posts