Ubah bahasa / Change Language
Chinese (Simplified)EnglishIndonesian

Siapa yang Diperbolehkan untuk Mendapatkan Izin Tinggal Tetap (ITAP)?

Apa yang dimaksud dengan KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap?

Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) adalah salah satu izin tinggal warga Negara asing di Indonesia, KITAP dapat dianggap sebagai langkah sebelum menjadi warga Negara Indonesia menurut UU Keimigrasian, masa berlaku dari KITAP memperbolehkan orang asing tinggal di Indonesia selama 5 tahun yang menjadikannya berbeda dengan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Tidak seperti KITAP, masa berlaku dari KITAS memperbolehkan warga Negara asing tinggal di Indonesia selama maksimum 2 tahun. Mereka diwajibkan untuk memperbaruinya setiap tahun saat izinnya sudah kadaluarsa jika mereka masih ingin tinggal di Indonesia. Dalam kata lain, jika Anda adalah pemegang KITAP, tidak harus memperpanjangnya setiap tahun seperti KITAS, hal ini berarti dengan mendapatkan KITAP, Anda tidak diharuskan untuk melakukan sesi foto dan biometrik di kantor imigrasi setiap tahun. Hal ini lebih simple daripada KITAS, tapi perlu dicatat bahwa untuk mendapatkan KITAP anda harus mendapatkan KITAS terlebih dahulu dan harus memperbaruinya sebanyak 3 kali, untuk mengurus KITAS, sebelum anda mendaftar untuk KITAP.

Siapa yang dapat menjadi Sponsor KITAP?

Untuk mendapatkan KITAP, anda juga membutuhkan untuk memiliki sponsor. Pihak yang berhak untuk menjadi sponsor adalah pasangan atau perusahaan. Untuk investor asing, pemimpin atau orang asing dengan posisi tertinggi yang bekerja di perusahaan Indonesia, berhak untuk mendapatkan KITAP saat mereka sudah bekerja untuk satu perusahaan selama tiga tahun berturut-turut pada posisi yang sama, yang keabsahannya perlu untuk dibuktikan dengan dokumen pendukung.

Apakah setiap orang asing berhak untuk mendapatkan KITAP?

Sayangnya, tidak semua dapat mendaftar untuk KITAP, dibawah ini daftar orang asing yang berhak untuk mendapatkan KITAP:

  1. Orang asing yang menikah dengan Warga Negara Indonesia

Orang asing yang menikah dengan Warga Negara Indonesia dapat mendaftar untuk KITAP saat anda telah menikah selama 2 tahun. Namun, sebelum mendaftar KITAP, anda perlu memiliki KITAS terlebih dahulu.

  • Pensiun

Banyak pensiunan yang ingin meninggalkan negaranya dan menghabiskan masa pensiunnya di Indonesia. Harap dicatat bahwa inti persyaratan untuk KITAP pension adalah umur, anda harus diatas 55 tahun dan sebelumnya telah memiliki visa pension untuk 4 tahun berturut-turut sebelum mendaftar untuk KITAP.

  • Investor asing, Pemimpin, dan Orang asing dengan posisi tinggi

Umumnya, investor dan ekspatriat yang bekerja di Indonesia adalah pemegang KITAS. Tetap saja dibanding memperbarui KITAS setiap tahun, ada berita baik bagi yang telah bekerja di Indonesia selama 4 tahun berturut-turut, secara konsisten memiliki izin kerja yaitu Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) dan memegang posisi pemimping atau posisi tinggi pada perusahaan yang sama saat mendaftar untuk KITAP.

Lebih lanjut, orang asing yang telah menggunakan KITAS sebagai investor dan pemimpin terlebih dahulu selama tiga tahun kebelakang, dan setelah itu, dapat ditukarkan menjadi KITAP.

Harap dicatat bahwa individu atau perusahaan yang menjadi sponsor anda bertanggung jawab secara hukum terhadap anda, dalam hal terjadi kecelakaan selama anda memegang KITAP dan berada dalam teritori Indonesia.

Dokumen apa yang dibutuhkan dalam hal untuk mendapatkan KITAP?

KITAP sejauh ini merupakan cara yang paling efektif dan bebas stress untuk mendapatkan visa bagi orang asing karena lebih menghemat waktu anda dan tidak membutuhkan form-form atau dokumen untuk diperbarui setiap tahun. Tapi juga merupakan salah satu visa yang paling sulit untuk didapatkan, untuk mendaftar anda butuh untuk mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan KITAP, seperti:

  1. Paspor yang berlaku;
  2. KITAS yang berlaku;
  3. Registrasi sipil yang ada (STM/SKTT);
  4. Surat Sponsor dan Pendaftaran; dan
  5. Dokumen resmi dari sponsor.

Setelah anda melengkapi dokumen yang dibutuhkan atau lampiran yang terdaftar diatas, hal selanjutnya adalah mendaftarkan dokumen KITAP ke imigrasi dan kunjungan tempat oleh petugas imigrasi.

Apakah diperbolehkan untuk pemegang KITAP bekerja di Indonesia?

Merujuk pada Pasal 61 UU 6 Tahun 2011 Tentang Imigrasi, orang asing yang memegang KITAP berhak untuk bekerja demi menghidupi keluarganya. Orang asing dapat memilih untuk bekerja sebagai pengusaha atau memilih untuk bekerja untuk perusahaan sebagai pegawai.

Untuk pegawai yang memutuskan untuk bekerja sebagai pengusaha, anda diharuskan untuk patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam hal membuat bisnis di Indonesia, sementera untuk orang asing yang bekerja untuk perusahaan diharuskan untuk memiliki izin kerja seperti RPTKA-IMTA.

Untuk orang asing yang memegang KITAP dengan disponsori oleh pasangannya dan bekerja untuk perusahaan sebagai karyawan diperbolehkan, dan untuk kasus tertentu, perusahaan akan menjadi sponsor hanya untuk izin kerja. Hal sebaliknya, sponsor untuk KITAP nya yaitu tetap pasangannya.

Apa saja Manfaat KITAP?

  1. Memperpanjang izin tinggal setiap 5 (lima) tahun dan memperpanjag untuk izin keluar masuk Indonesia (MERP) setiap 2 (dua) tahun;
  2. Mendapat ID Indonesia yang berlaku selama 5 tahun;
  3. Memiliki rekening bank;
  4. Mengajukan kartu kredit;
  5. Merujuk pada Pasal 9 UU Nomor 12 Tahun 2006 setelah mendapatkan KITAP selama 2 kali yang mana orang asing telah tinggal di Indonesia selama 10 tahun berturut-turut, orang asing berhak untuk mendapatkan kewarganegaraan dengan mendaftar ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Recent Posts